Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Memasukkan Subtitle Film di HP Android

CahDeso.id - Bagi kamu para pecinta film, penting untuk mengetahui cara memasukkan subtitle film di HP android. Menonton film luar negeri membuat kita terkendala akan bahasa yang digunakan di dalam film tersebut. Dengan adanya subtitle membuat kita lebih paham akan jalan cerita dari film yang ditonton. Namun, nyatanya masih banyak orang uang belum tahu cara menambahkan subtitle film di HP android tersebut.

Cara Memasukkan Subtitle Film di HP Android
Cara Memasukkan Subtitle Film di HP Android

Berbeda dengan memasukkan subtitle video saat nonton film gratis di laptop atau PC, melakukannya bisa dibilang lebih mudah dan praktis. Selain itu, ini sudah menjadi cara umum yang mungkin semua orang sudah mengetahuinya. Berbeda dengan cara untuk memasukkan subtitle video yang diputar di HP android, masih banyak yang belum pahan akan cara ini. Alhasil film yang ditonton tetap diputar tanpa adanya terjemahan yang membuat kita susah untuk mengerti tentang alur film tersebut.

Pada artikel kali ini akan dijelaskan secara lengkap panduan untuk cara memasukkan subtitle ke video di HP yang nantinya bisa kalian ikuti. Langkah-langkah melakukannya pun terbilang sangat mudah, bahkan kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan menerapkannya. Cara ini bisa diterapkan di semua merek dan tipe HP android, termasuk juga salah satunya di perangkat iPhone. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

3 Cara Memasukkan Subtitle Film di HP Android

Untuk menggabungkan subtitle ke film yang diputar di HP android, setidaknya ada 3 metode mudah yang bisa digunakan. Kamu bisa memilih salah satu cara saja yang dianggap paling mudah untuk diterapkan. Jika pun 1 cara yang dilakukan tidak berhasil dilakukan di HP androidmu, maka bisa mencoba cara alternatif lain yang disediakan.

Adapun cara memasukkan subtitle film di HP android yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Memasukkan Subtitle Film Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara yang pertama ini cocok diterapkan bagi kamu yang tidak ingin menambahkan aplikasi pemutar video tambahan di HP android. Mungkin karena alasan tertentu sehingga kamu tidak ingin menginstall aplikasi Video Player di HP androidmu. Tidak perlu khawatir, pasalnya semua merek atau tipe HP biasanya sudah dibekali Video Player di dalamnya.

Di sini kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan, bahkan juga tidak membutuhkan koneksi internet. Yang terpenting kamu telah menyiapkan file video dan subtitle yang ingin digabungkan. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

Memasukkan Subtitle Film Tanpa Aplikasi Tambahan
Memasukkan Subtitle Film Tanpa Aplikasi Tambahan
  1. Langkah yang pertama kamu buat folde baru di memori HP, baik memori internal maupun microSD.
  2. Jika sudah, selanjutnya kamu pindahkan file video dan file subtitle ke dalam folder baru yang dibuat tersebut. Pastikan file video dan file subtitle tidak dalam bentuk ZIP atau rar, melainkan sudah diekstrak.
  3. Sekarang kamu samakan nama file dari video maupun subtitlenya. Misalnya saja nama file video “tontonan-bersama-keluarga.mp4” dan nama file subtitle ” tontonan-bersama-keluarga.srt” (atau ekstensi lainnya).
  4. Jika sudah, sekarang kamu putar film tersebut. Biasanya subtitle film akan terdeteksi otomatis oleh sistem video player, sehingga kamu tidak perlu melakukan apa pun lagi.
  5. Selesai.

Catatan:
Nama file video dan file subtitle harus sama persis, kecuali ekstensi file yang dibiarkan secara default.

2. Memasukkan Subtitle Film dengan Aplikasi Secara Offline

Sebenarnya cara kedua ini hampir sama dengan cara pertama di atas, hanya saja kita bisa menggunakan aplikasi pemutar film lain yang didownload melalui Google Play Store. Ada banyak pilihan aplikasi pemutar video di Google Play Store yang bisa memunculkan subtitle secara manual maupun otomatis, di antaranya:

Kamu bisa memilih salah satu aplikasi pemutar video android dengan subtitle di atas sesuai keinginan. Sementara untuk file subtitle filmnya bisa kamu download melalui situs penyedia subtitle online di internet. Berikut beberapa rekomendasi situs penyedia subtitle Indonesia gratis bisa kamu kunjungi, di antaranya:

  • Subdl
  • Subscene
  • OpenSubtitles.org
  • MovieSubtitles.org
  • Popnapisi

Di sini kami contohkan menggunakan aplikasi MX Player untuk menambahkan subtitle video yang diputar di dalamnya.Terdapat 2 metode yang bisa dilakukan, yakni penambahan subtitle otomatis dan manual.

Metode 1. Menambahkan Subtitle Film Otomatis

Menambahkan Subtitle Film Otomatis
Menambahkan Subtitle Film Otomatis
  1. Pertama kamu download dan install aplikasi MX Player di HP androidmu.
  2. Sekarang siapkan file video dan file subtitle yang ingin digabungkan.
  3. Selanjutkan pindahkan file video dan file subtitlenya tersebut ke dalam satu folder.
  4. Kemudian samakan nama dari kedua file tersebut seperti cara pertama di atas.
  5. Jika sudah, sekarang buka aplikasi MX Player lalu pilih video yang sudah digabungkan dalam satu folder dengan subtitlenya tadi.
  6. Secara otomatis sistem aplikasi akan mendeteksi file subtitle dan menampilkan subtitle film di layar aplikasi HP androidmu.
  7. Selesai.

Metode 2. Menambahkan Subtitle Film Manual

Menambahkan Subtitle Film Manual
Menambahkan Subtitle Film Manual
  1. Pertama kamu download dan install aplikasi MX Player di HP androidmu.
  2. Sekarang kamu jalankan aplikasi tersebut.
  3. Cari dan pilih video yang ingin kamu putar dengan ditampilkan subtitlenya.
  4. Setelah berhasil diputar, sekarang kamu Pause dulu videonya.
  5. Kemudian klik Menu di pojok kanan atas, lalu pilih Subtitle.
  6. Selanjutnya klik opsi Buka, lalu cari dan pilih file subtitle film yang sudah disiapkan sebelumnya. Tunggu beberapa saat dan putar lagi videonya, subtitle video akan langsung ditampilkan.
  7. Selesai.

Catatan:
Untuk cara menambahkan subtitle video di aplikasi lain caranya hampir sama seperti yang sudah dijelaskan di atas. Hanya saja, mungkin tampilan menunya yang berbeda dan bisa kamu sesuaikan sendiri.

3. Memasukkan Subtitle Film dengan Aplikasi Secara Online

Dan cara menambahkan subtitle di video HP yang terakhir yakni dengan menggunakan aplikasi online. Untuk aplikasinya masih sama seperti yang dijelaskan di cara kedua di atas, hanya saja kali ini kamu tidak perlu menyiapkan file subtitle film yang ingin ditonton. Ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang tidak bisa menemukan subtitle yang cocok untuk film yang ingin kamu putar.

Memasukkan Subtitle Film dengan Aplikasi Secara Online
Memasukkan Subtitle Film dengan Aplikasi Secara Online
  1. Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi MX Player atau aplikasi lainnya.
  2. Sekarang kamu jalankan aplikasi tersebut.
  3. Cari dan pilih file video atau film yang ingin diputar dengan subtitlenya.
  4. Pause dulu film yang diputar, kemudian klik tombol Menu yang ada di pojok kanan atas.
  5. Selanjutnya pilih opsi Subtitle, lalu pilih Online Subtitles. Sekarang kamu tinggal cari dan pilih subtitle yang pas untuk film yang kamu putar tersebut.
  6. Nantinya subtitle akan langsung ditampilkan di film yang diputar tersebut.
  7. Selesai.

Itulah tadi beberapa cara memasukkan subtitle film di HP android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan sendiri. Agar saya semakin semangat lagi dalam membuat konten, beri dukungan dengan cara membagikan artikel di situs CahDeso.id ini ke akun media sosial pribadimu. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "3 Cara Memasukkan Subtitle Film di HP Android"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-